Syarat-syarat Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Korea (BNP2TKI)

Anda Ingin Bekerja Ke Korea Hubungi BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI) atau BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI) di provinsi Anda dengan mengikuti prosedur Penempatan TKI ke Korea Program G to G sebagai berikut:

1. Datangi Kantor BNP2TKI/ BP3TKI atau Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota setempat untuk mendapatkan informasi persyaratan mengenai penempatan TKI ke Korea.

2. Calon TKI mendaftar Korean Language Proficiency Test (KLPT)/Program Pelatihan Bahasa Korea dengan memenuhi persyaratan :
– Berusia antara 18-39 tahun
– Tidak memiliki catatan kriminal (berkelakuan baik)
– Tidak dilarang bepergian ke luar negeri
– Selanjutnya Tes KLPT dilakukan di tempat yang ditunjuk oleh lembaga KLPT

3. Pembagian brosur prosedur penempatan TKI ke Korea progran G to G dilakukan pada saat pelaksanaan test KLPT atau dapat mengunjungi website : http://www.bnp2tki.go.id

4. Pembagian formulir pendaftaran dilakukan di kantor BP3TKI yang ditunjuk dengan menunjukan sertifikat lulus KLPT dan identitas diri asli. Dan bagi yang tidak lulus masih harus mengikuti test KLPT berikutnya.

5. Mengisi formulir pendaftaran dengan jelas dan benar dengan melampirkan :
– Foto copy KTP 1 lembar
– Foto copy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar
– Foto copy ijazah 1 lembar
– Foto copy pasport yang masih berlaku
– Foto copy sertifikat tes KLPT yang masih berlaku 1 lembar
– Pas foto terbaru dengan latar warna biru, ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, 1 lembar foto ditempel di formulir pendaftaran
– Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polisi domisili CTKI
– Asli Medical check up dari klinik/rumah sakit yang ditunjuk
– Asli Tanda Bukti Pendaftaran sebagai pencari kerja dari dinas ketenagakerjaan di kabupaten/kota (kartu AK I)
– Surat ijin asli dari :
orang tua bagi yang belum bekerja
wali bagi yang belum berkeluarga apabila orang tua sudah meninggal
– suami bagi istri yang bekerja ke korea
– istri bagi suami yang akan bekerja di Korea
dan surat ijin tersebut harus diketahui Lurah atau Kepala Desa
– Berkas tersebut dimasukan kedalam map warna biru dan dikirim ke PO BOX 4451 JKTM 12700
– Masa tunggu Calon TKI adalah 1 tahun sejak nama-nama dikirim ke Korea

6. Kontrak/SLC
Calon TKI yang telah mendapatkan kontrak kerja/SLC dapat dilihat di website : http://www.bnp2tki.go.id

7. Visa/Certification Confirmation of Visa Issuance (CCVI)

8. Preliminary traning dilaksanakan selama 10 hari, sambil melengkapi dokumen pemberangkatan meliputi :
– Medical Check Up
– Paspor
– Penandatanganan Perjanjian Kerja
– Apply Visa
– Tiket penerbangan ke Korea
– Asuransi perlindungan TKI
– Pembayaran PP 92 tahun 2000

9. Pemberangkatan TKI ke Korea
– TKI yang telah memenuhi dokumen
– TKI yang tiba di Korea akan mengikuti selama 3 hari 2 malam dan sekaligus medical check up ulang, jika sehat akan diserahkan ke perusahaan, jika tidak sehat akan dipulangkan ke Indonesia

10. TKI bekerja
TKI bekerja di Korea selama 3 tahun dengan perpanjangan perjanjian kerja setiap tahun

11. Perjanjian Kerja selesai
– TKI yang telah bekerja selama 3 tahun menurut ketentuan pemerintah Korea harus kembali ke Indonesia dan setelah 6 bulan dapat mendaftar kembali
– Jika perusahaan masih membutuhkan agar perusahaan menguruskan dokumen penempatan, sehingga dapat berangkat kembali setelah 1 bulan di Indonesia

Alamat BP3TKI:

  1. BP3TKI Banda Aceh Jl Soekarno Hatta No: 17 Banda Aceh 23238, Telp: 0651-410355/636959,Fax: 0651-49186
  2. BP3TKI Medan Jl Pendidikan No: 357 Marindal I, Medan, Telp: 061-77808329/78519660, Fax: 061-7851960
  3. BP3TKI PekanbaruJl Tamansari, Gg. Tamansari, Tangkerang Selatan, Pekanbaru 28282, Telp: 0761- 8894/34479/37344/707976, Fax: 0761-34479/38894
  4. BP3TKI Palembang Jl Dwikora II No: 1220, Palembang, Telp: 0711-359404, Fax: 0711-365606
  5. BP3TKI Ciracas Jakarta Jl Pengantin Ali No: 71, Jakarta Timur, Telp: 021-87781840, Fax: 021-87781841
  6. BP3TKI Bandung Jl Soekarno-Hatta No: 301, Bandung 40234, Telp: 022-5204091, Fax: 022-5204091
  7. BP3TKI Semarang Jl Kalipepe III/64, Pudak Payung, Semarang, 50236, Telp: 024-7475039/74763260. Fax: 024-8311711/8311713
  8. BP3TKI Yogyakarta Jl Sambisari No: 311A, Juwangen Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Telp: 0274-497403, Fax: 0274-497403
  9. BP3TKI Mataram Jl Adisucipto No: 9, Mataram, Telp: 0370-642240/633797, Fax: 0370-639712
  10. BP3TKI Kupang Jl Perintis Kemerdekaan I No: 6 Kel Oebufu, Kupang, Telp: 0380-825355, Fax: 0380-839653
  11. BP3TKI Pontianak Jl Urai Bawadi No: 82B, Pontianak, Telp: 0561-735244, Fax: 0561- 741564
  12. BP3TKI Nunukan Jl Tien Soeharto No: 49, Nunukan, Telp: 0556-21018, Fax: 0556-21018
  13. BP3TKI Makasar Jl Taman Makam Pahlawan No: 4, Komp, BLKI, Makasar, Telp: 0411-442322, Fax: 0411-425039
  14. BP3TKI Serang Jl Ciwaru Raya, Komplek Depag No: 2, Serang, Banten, Telp: 0254-204970, Fax: 0254-207963
  15. BP3TKI Denpasar, Jl Mawar No: 25 Kreneng Denpasar, Bali, Telp: 0361-8843361, Fax: 0361-242686
  16. BP3TKI Tanjung Pinang Jl Tanjung Nusantara Km 13 Kijang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Telp: 0771-7004553, Fax: 0771-7447250
  17. BP3TKI Manado Jl 17 Agustus, Manado, Sulawesi Utara, Telp: 0431-856977, Fax: 0431-864309
  18. UPT P3TKI Surabaya Jl Jagir Wonokromo No: 358, Surabaya 60244, Telp: 031-8415858/849757, Fax: 031-8411445
  19. LP3TKI Padang Jl Raya Padang Bukit Tinggi Km 21 Ruko Pasar Kasang No: 28, Telp: 0751-482313
  20. LP3TKI Bandar Lampung Jl MS Batu Bara No: 137, Bandar Lampung Kode Pos 35225, Telp: 0271-48531

Untuk gambaran lebih lengkap, silakan juga klik Seluk Beluk Mendapatkan Peluang Kerja di Korea dan Sisi Lain Kehidupan TKI di Korea Selatan

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

112 Balasan ke Syarat-syarat Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Korea (BNP2TKI)

  1. Ika Ika berkata:

    Pak bagaimana cara membuat cv ?
    Tlng informasinya . Trims

  2. melati berkata:

    Pak,klo berkacamata minus bisa gak krja k korea n buat wanita bisa juga gak k korea? Terima kasih 🙂

  3. tedy berkata:

    saya mau bekerja ke korea v saya bingung siapa yah yang mau bawa saya ?

  4. tarwiatun hasanah berkata:

    kira” kerjaanya apa ya pak?

  5. casmini berkata:

    selamat sore pak,pak saya mw tanya sya pnget bngt krja ke korea tp sya ragu2 dngn data sya gk sma Paspor sma Ijazah ktnya klo pngen kerja kekorea harus ada ijazah,,,,trus ada paspor tahun dan tgl kelahiran bda,,mohon minta info
    apkh bsa drubah paspor dngn di samain dngn Ijazah asli,,terima kasih pak

    • Humari berkata:

      Bisa. Silakan datangi imigrasi. Hanya, biaya untuk mengubah itu cukup mahal

      • casmini berkata:

        mf pak mw tnya lg,,,kira2 brapa byayanya kalo dirubah kta orang 10 jta kalo drubah ,,trus kalo bikin paspor dngan data bru sekitar brapa biyayanya pak mmbuat paspor tki

      • Humari berkata:

        Silakan tanya langsung ke imigrasi. Saya tak tahu banyak soal itu selain prosedur yang normal.

  6. harto berkata:

    asslm…..pak saya mau belajar bhasa korea. cuma saya ragu karna tdk pnya ijaza smp ,,,,,kalo kejar paket B bisa d terima gak ya,,,,,,?
    mhn penjelasannya,,,?

  7. dayu berkata:

    pak klu krj d salon kore bisa ga.thx

  8. fitri berkata:

    berarti calon tki mengurus sendiri ya berkas2 nya nanti setelah lulus ujian?:?:?

    • Humari berkata:

      Iya dong. Kalau tak mau repot ya lewat calo. Kerja di dalam negeri saja urus berkas sendiri apalagi di luar negeri. Kecuali Anda melamar untuk jadi pekerja di rumah tangga, semuanya dari awal sampai akhir diurus PJTKI.

  9. sasa fadlysia berkata:

    Kira2 biayaya semua brapa ya pak thanks

  10. Humari berkata:

    Langsung datangi BP3TKI terdekat

  11. isas mita berkata:

    Pak sya mau Tanya lagi kerja ke Korea apa saja yah

  12. sunarti berkata:

    apakah ada harapan untuk bekerja klu ijazah SD trims.

  13. tya berkata:

    ass..klo bwd prmpuan berjilbab bs g??trims

  14. Milla berkata:

    pak. Kalau yg g sekolah emang ga bisa

  15. agung berkata:

    assalamualaikum pak,saya mau nanya kalau tes nya nanti atau seleksi nya pakai uang sogokan juga gak, apa benar benar murni trims ats info nya

  16. prasetyaagunk berkata:

    Salam, pak humari. Saya Agung dari Jakarta, sya mau tanya :
    Apakah sebelum mendaftar ke bnp2tki Korea diharuskan bisa berbahasa korean terlebih dahulu ? dan, apakah bnp2tki korea menyediakan tempat pelatihan/pembelajaran bahasa Korea bagi calon yg belum bisa?

    Terima ksih.

    • Humari berkata:

      BNP2TKI setahu saya tidak mengadakan pelatihan bahasa. Pelatihan diserahkan pada lembaga kursus yang mereka tunjuk

  17. prasetyaagunk berkata:

    Salam pak admin. sya mau tanya : apakah sebelum mendaftar ke bnp2tki diharuskan bisa berbahasa Korea terlebih dahulu ? dan apakah di bnp2tki menyediakan tempat pembelajaran/pelatihan bagi calon tki yg belum bisa berbahasa Korea ?

    trima ksih.

    • Humari berkata:

      Gak perlu. Nanti ada tes bahasa Korea setelah semua berkas yang disyaratkan terpenuhi. Pelamar diberi kesempatan untuk belajar bahasa Korea sebelum tes dilaksanakan. Bisa belajar sendiri atau ikut kursus. Tanya BP3TKI terdekat untuk lembaga bahasa yang mereka rekomendasikan

  18. suyapto berkata:

    selamat siang pak.. klo kita sudah bisa bahas korea.. utk pendaftran bisa langsung sendiri ke BNP2TKI ato harus dengan lembaga yng ditunjuk BNP2TKI yg mendaftarkan kita… saya sekarang sedang mengikuti kursusu bahasa korea.. katanya untuk penerimaan TKI di korea baru buka bulan 6 tahun 2015,,untuk bulan desember ini ada pembukaan tapi untuk di perikanan tapi gajinya kecil..katanya sih…mohon kalau pak humari ada info bisa di jelaskan pak…maturnuwun

    • Humari berkata:

      Bisa langsung daftar ke BP3TKI terdekat. Untuk jadwal saya sendiri kurang tahu. Karena total pengurusan oleh BNP2TKI.

      Kalau belum pernah jadi nelayan sebaiknya jangan ambil di bidang perikanan. Gakkan kuat.

  19. wiwi berkata:

    pak..maaf saya dari Indramayu.mau nanya.saya pernah kerja di singapore dan hongkong.di passport dan KTKLN lahir tahun 87.tapi di KTP daerah asli nya saya lahir tahun 94.kalo saya mau daftar kerja di korea gimana?

  20. leanti tabadi berkata:

    Pak tolong saya ingin bekerja ke korea .kamsamindah

    • Humari berkata:

      Langsung datang ke BP3TKI terdekat. Kalau cuma tanya ke saya, saya cuma bisa bantu menjawab lewat blog juga. Tak bisa lebih.

  21. dwi widy berkata:

    pak, saya widy
    saya mau tanya, kira2 bkin pasport tuh lma or bntar pak?
    dan kira2 tes.ny TB.ny kra2 brapa pak??
    mh0n info.ny

    • Humari berkata:

      Kalau Anda tak pernah punya masalah (paspor hilang) sebelumnya, paling lama 1 minggu.

      Gak ada syarat TB. Paspor itu KTP kita ke luar negeri. Jadi tak ada tes-tesan.

  22. le_anang berkata:

    2. Calon TKI mendaftar Korean Language Proficiency Test (KLPT)/Program Pelatihan Bahasa Korea dengan memenuhi persyaratan :
    – Berusia antara 18-39 tahun
    – Tidak memiliki catatan kriminal (berkelakuan baik)
    – Tidak dilarang bepergian ke luar negeri
    – Selanjutnya Tes KLPT dilakukan di tempat yang ditunjuk oleh lembaga KLPT

    pak yang nomor dua itu KLPT/program pelatihan bahasa nya itu ada di BNP2TKI atau ada di BP3TKI atau cari LPK/kursus swasta sendiri????

    • Humari berkata:

      LPK itu adalah pihak swasta. Mereka aslinya bertugas memberi pelajaran soal bahasa. Tapi pada prakteknya mereka juga menjadi penghubung antara pelamar yang belajar bahasa Korea dengan BNP2TKI. Selain jasa pelatihan bahasa, Anda juga akan dipungut jasa penghubung tadi.

  23. sudaim berkata:

    siang pak
    ma’af saya mau tanya
    berapa banyak TKI yg di butuhkan di korea untuk bagian perikanan sekarang ini

  24. abbas syam berkata:

    maaf ni pak mau nanya…saya pengen kerja ke korea..tapi umursaya sekarang suda 38..dekat masuk 39…apa masih bisa ya….dan saya di sulawesi sekarang …katanya kita haraus ke daerah jawa kalau mau mendaftar..apa bisa pak ya…dari sulawesi ngdaftar di jawa pak…

  25. dodi doank berkata:

    kalu kami di Aceh bisa mendaftar kesitu???

  26. Muhammad Anwar Rifani berkata:

    assalammualaikum pak Humari, nama saya M Anwar Rifani, kebetulan saya pernah kerja di luar negeri melalui PJTKIS, saya di surabaya, kalau saya mau ke korea apa bisa langsung mendatangi UPTP3TKI yg di alamat tersebut ? apakah akan sama prosesnya sperti swasta ? apakah saya bsa menghubungi bapak ? dan penempatannya bagaimana ?

  27. puputz berkata:

    maaf pak, saya lil8isan S1, apakah ada lowongan S1 ? dan bekerja sebagai apa kalo S! di korea?, terima kasih.

  28. andri yoga agusta berkata:

    assalamualaikum pak, BP3TKI serang ini definisi nya belajar bahasa terlebih dahulu seperti LPK swasta atau langsung test untuk pemberangkatan ?

    • Humari berkata:

      BP3TKI itu lembaga pemerintah yang mengurus proses penempatan. Jadi mereka tak menyelenggarakan pelatihan karena memang bukan tupoksinya

  29. amad berkata:

    Nama saya amad pak.
    Saya mau nanya kalo ingin Ke korea tapi Tinggi badan kurang apa bisa pak ….???
    Tolong di balas

  30. daniel berkata:

    saya daniel dari medan..
    jika salah satu anggota tubuh ada yg bertatto itu bisa gak ya..? dan berapa lama jika semua terpenuhi dari pendaftaran sampai keberangkatan..? terimakasih pak

  31. recha ariesa berkata:

    Pak saya udah proses tp saya kok ragu,,ktnya saya calling visa,,pasporan,tp kok saya agak curiga dgn prosesnya ya?????solusinya gmn?????

  32. recha ariesa berkata:

    tmbahan pak!!!!!!!!!!!!!!!!,,,, di korea pa da job salon pak?????

  33. Pak aq kamal , mau kerja dijepang kira2 yg d.butuhkan ijazahx apa yg aslinya apa ijazah fto copyx pak ?

  34. ilham m rizal berkata:

    maaf pak kalau pakai ijazah pedidikan persamaan apa bisa kerja di korea

  35. gledekselatan berkata:

    Pak kenalkan nama saya wisnu.. sy ingin bertanya menurut pengetahuan bapak, apakah kerja di korea ada sistem potong gaji?

    • Humari berkata:

      Gak ada. Pelatihan bahasa, visa, tiket pesawat semua tanggung sendiri. Tapi sekarang ada KUR TKI. Cuma setahu saya tidak mencakup biaya pelatihan bahasa yang harus ditanggung sendiri

  36. Anta wijaya berkata:

    Assalamualaikum pak humari. Mohon maaf saya mau bertanya dengan bapak. Jika saya mau mendaftar bekerja ke korea. Apakah kita harus test bahasa korea dulu. Dan kalo saya lulus atau dapat sertifikat kelulusan bahasa korea, baru saya datang ke bp3tki ya pak dan mendaftar langsung di bp3tki dan membawa foto copy sertifikat kelulusan bahasa korea ya pak !b

  37. selamat pag bp bu saya mau tanya masih menrima lowongan kerja saya berminta bn2tki korea
    nama s=
    nama:muhammad syahril sanusi
    alamat jl hj ten Iv no 29b rt006 rw003
    hp 089679890****

  38. rahma berkata:

    Kalau perempun kerja dikorea biasanya ditempatin di pabrik apa?banyak ga yang dr indonesia?

    • Humari berkata:

      Ya semua di pabrik. Sebagian besar laki-laki. Kalau Anda mau kerja di luar negeri, jangan mikirin bakal banyak teman dari Indonesia. Kalau pola pikir masih seperti itu cari kerja di sini saja. Kalau mau merantau ya harus siap sendirian. Bahasa kerennya single fighter 🙂

  39. Deni berkata:

    Pak saya mau tanya nih.
    Kira kira buat laki laki, bisa engga biaya pendaftaran nya dipotong setelah kerja. Soalnya saya tidak punya modal apa apa.
    Dan klo bisa saya minta no tlpn perusahaan bapa yg jelas.
    untuk daerah bandung alamatnya didaerah mana pak. Trims

  40. Andaru Budhi berkata:

    Numpang nanya pak,

    saya berniat mau kerja di korea atau jepang,tapi data diri di akte,kk,ktp beda dengan yang ada di ijazah pak cuma beda di tahun lahirnya

    Apakah nanti ada masalah saat mengurus paspor/visa pak ??

    Mohon penjelasannya,terima kasih.

  41. Andaru Budhi berkata:

    Lalu untuk merubah data akte,kk,dan ktp gimana pak caranya,apakah prosesnya lama dan kira kira berapa habis biayanya? ?

  42. Edo berkata:

    Satu tahun baru nunggu,,,, wah knapa boleh lama yah,,,

Tinggalkan komentar